TORQUE CONVENTER

Bookmark and Share

Umum
Pengubah tenaga putaran (torque converter) mengirimkan dan menggandakan tenaga putaran dari mesin menggunakan ATF (Automatic Transaxle Fluid) ke dalam transaxle (unit roda gigi planetary) sebagai media.
Pengubah tenaga putaran terdiri dari pendorong pompa, penggerak turbin, kopling satu arah dan stator, dan tempat/kotak pengubah yang merupakan tempat dari komponen-komponen tersebut.
Pengubah diisi dengan ATF, yang diperoleh dari pompa oli.
Mesin berputar dan pendorong pompa berputar, kemudian cairan ini dipaksa keluar dari pendorong pompa dalam arus yang penuh kekuatan yang memutar penggerak turbin.
Petunjuk:
Untuk ATF, DEXRON® II atau  Toyota tipe T-IV digunakan.

Pendorong pompa (pump Impeller)
Pendorong pomapa disatukan dengan tempat/kotak pengubah dan dihubungkan ke poros mesin melalui pelat tenaga.
Banyak baling-baling yang melengkunh yang dipasangkan di dalam pendorong pompa.
Sebuah cincin dipasangkan pada ujung dalam dari baling-baling untuk memberikan jalur yang halus untuk arus mengalir.

Penggerak turbine (Turbine Runner)
Banyak baling-baling yang dipasang di dalam penggerak turbin, seperti pada pendorong pompa. Arah lekukkan dari baling-baling ini berlawanann dengan arah baling-baling pendorong pompa. Penggerak turbin diletakkan pada batang input pendorong pompa transaxle sehingga baling-baling di dalamnya berlawanan dengan lubang kecil diantara keduanya.

Petunjuk :
Penggerak turbine  (turbine runner) berputar dengan batang input transaxle ketika kendaran melaju dengan tuas “shift” dalam posisi tingkat "D", "2", "L" atau  "R" . Namun demikian, penggerak turbin ini berhenti berputar bila kendaraan dihentikan. Ketika posisi tuas shift ada di tingkat "P" atau  "N", Penggerak turbin akan berputar secara bebas dengan rotasi dari pendorong pompa
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD FREE di:

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar