SISTEM SUSPENSI

Bookmark and Share
Suspensi menghubungkan badan kendaraan dengan roda, dan memiliki fungsi-fungsi berikut:
Selama melaju, suspensi bertindak, bersama dengan ban, menyerap dan meredam berbagai getaran, osilasi, dan goncangan yang diterima oleh kendaraan karena ketidak-seragaman pda permukaan jalan, untuk menjaga penumpang dan barang bawaan (cargo), dan meningkatkan stabilitas mengendara.  
Suspensi mengirimkan tenaga laju dan rem, yang dihasilkan karena gesekan antara permukaan jalan dan roda, ke poros mesin dan badan.
Suspensi menyangga badan pada poros As dan mempertahankan hubungan geometris yang sesuai antara badan dan roda.
Suspensi terdiri atas komponen-komponen utama berikut ini:

(1) Pegas
Menetralkan goncangan dari permukaan jalan.
(2) Shock absorbers (peredam)
Bekerja untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dengan membatasi osilasi bebas dari pegas.
(3) Stabilizer (batang bergoyang atau batang anti-menggelinding)
Mencegah kendaraan bergoyang lateral.
(4) Sebuah pengait
Bekerja untuk memegang komponen-komponen di atas pada suatu tempat and untuk mengendalikan gerakkan logitudinal dan lateral roda
Osilasi dan kenyamanan berkendara
1.Beban dilepaskan dan Beban tidak dilepaskan
Badan disangga oleh pegas. Berat badan, dll, yang disangga oleh pegas disebut beban dilepaskan (sprung weight). Sebaliknya, roda dan poros As, dan bagianbagian lain ddari kendaraan yang tidak disangga oleh pegas, membuat Beban tidak dibebaskan (unsprung weight). Umumnya dikatakan bahwa semakin besar beban yang dilepas pada suatu kendaraan, semakin baik kenyamanan berkendara, karena ketika berat yang dilepas dibuat lebih luas, kecenderungan badan untuk tersentak berkurang. Sebaliknya, jika beban yang tidak dilepaskan besar, sangatlah mudah bagi badan untuk tersentak. Osilasi dan sentakan pada bagian-bagian yang dilepaskan dari kendaraankhususnya badan-memiliki suatu pengaruh yang besar pada kenyamanan berkendara.
UNTUK LEBIH LANJUT DAN LENGKAP SILAHKAN DOWNLOAD di Link

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Facebook Share